Modul Ajar Sel Kurikulum Merdeka Kelas VIII

Posting Komentar

Modul ajar sel kurikulum merdeka kelas VIII. Modul ajar pada kurikulum merdeka sama halnya dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kurikulum sebelumnya. Dalam membuat modul ajar, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan diantaranya esensial, menarik dan bermakna, menantang, relevan, kontekstual, serta berkesinambungan.

Berikut ini adalah contoh modul ajar sel kurikulum merdeka kelas VIII SMP. 

A.   Capaian Kompetensi                            

Peserta didik dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup, mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan reproduksi).

B.    ATP       

Menganalisis gerak pada makhluk hidup, system gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan system gerak

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN              :  

1.    Mendeskripsikan pemahaman terkait sel  sebagai unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup.

2.    Mendeskripsikan bagian-bagian mikroskop dengan benar serta mampu mengukur perbesaran yang dihasilkan dari pengamatan menggunakan mikroskop  melalui pengamatan sederhana sebuah preparat dari benda disekitar lingkungan siswa.

3.    Menganalisis perbedaan yang terdapat dari sel hewan dan tumbuhan melalui kegiatan literasi siswa

4.    Mendeskripsikan tentang spesialisasi sel yang mengalami spesialisasi untuk dapat menjalankan fungsi hidup organisme di lingkungan sekitar siswa. 

D.    MATERI AJAR          :   Sel

 E.    SUMBER BELAJAR :    

1.     Buku paket siswa ( Ilmu Pengetahuan Alam, Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII 2021 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021)

2.     Buku guru ( Ilmu Pengetahuan Alam, Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII 2021 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021)

3.     Lingkungan belajar siswa

4.     Diktat siswa

5.     Sumber belajar yang relevan dengan mapel lain               

 F.     ALOKASI WAKTU                :  15 JAM

1.     SINKRONUS                     :  Tatap muka dengan guru 12 Jam

2.     ASINKRONUS                  :   Belajar Mandiri dirumah 3 Jam

G. G.  ALUR PEMBELAJARAN

       3 JAM

NO

ALUR  MERDEKA BELAJAR

KEGIATAN SINKRONUS

KEGIATAN ASINKRONUS

1.

Mulai dari diri sendiri

·       Kegiatan guru : Guru menanyangkan Powerpoint dengan animasi gambar gabus yang bersusun.

Guru bertanya : Apa yang kalian lihat digambar tersebut??

 

·       Kegaitan siswa : siswa menjawab pertanyaan refleksi guru

 

2.

Elborasi Konsep

 

·       Kegiatan Guru : Menyiapakan materi pembelajaran dalam bentukLembar Kerja siswa

·       Kegiatan siswa : Siswa mempelajari LK yang dibagikan guru

3

Ruang kolaborasi

 

·       Kegiatan Guru : membantu diskusi siswa

·       Kegiatan siswa : Dengan menggunakan LK Siswa berdiskusi secara kelompok menemukan suatu konsep tentang struktur sel.

4

Refleksi Terbimbing

·       Kegiatan Guru : membuat pertanyaan diskusi untuk siswa

·       Kegiatan Siswa : siswa mengerjakan pertanyaan diskusi

 

5

Demontrasi kontektual

·       Kegiatan Guru : Guru memfasilitasi presentasi siswa

·       Kegiatan siswa : Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya

 

6

Elaborasi Pemahaman

Menyamakan persepsi anatara Guru dan Siswa terkait sel

 

7

Koneksi Antar Materi

·       Kegiatan guru : Mengklarifikasi dengan soal-soal post test untuk mengetahui apakah kompetensi sudah tercapai

·       Kegiatan siswa :Siswa menjawab post test dan membuat kesimpulan

 

8

Aksi Nyata

 

Siswa menggambar struktur sel hewan dan sel tumbuhan

    

       3 JAM

NO

ALUR  MERDEKA BELAJAR

KEGIATAN SINKRONUS

KEGIATAN ASINKRONUS

1.

Mulai dari diri sendiri

 

Siswa belajar mengenai bagian-bagian mikroskop

2.

Elaborasi Konsep

 

·       Kegiatan Guru : guru mempersiapkan mkroskop dan lembar kerja pengamatan

·       Kegiatan siswa : Siswa mempelajari cara menggunakan mikroskop

3

Ruang kolaborasi

 

·       Kegiatan Guru : memfasilitasi pengamatan siswa

·       Kegiatan siswa : siswa mengamati prpara yang disipakan guru menggunakan mikroskop.

4

Refleksi Terbimbing

·       Kegiatan Guru : membuat membimbing pengamaatan siswa

·       Kegiatan Siswa : siswa menggambar pengamatan yang tampak

 

5

Demontrasi kontektual

·       Kegiatan Guru : Guru memfasilitasi presentasi siswa

·       Kegiatan siswa : Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya

 

6

Elaborasi Pemahaman

Menyamakan persepsi anatara Guru dan Siswa terkait penggunaan mikroskop

 

7

Koneksi Antar Materi

·       Kegiatan guru : guru merefleksi pembelajaran tentang mikroskop

·       Kegiatan siswa :Siswa mendengarkan penjelasan guru

 

8

Aksi Nyata

 

Siswa menghitung perbesaran total pada mikroskop

    

      3 JAM

NO

ALUR  MERDEKA BELAJAR

KEGIATAN SINKRONUS

KEGIATAN ASINKRONUS

1.

Mulai dari diri sendiri

 

Siswa menggambar sel hewan dan sel tumbuhan

2.

Elaborasi Konsep

 

·       Kegiatan Guru : guru mempersiapkan lembar kerja

·       Kegiatan siswa : Siswa mempelajari cara menggunakan mikroskop

3

Ruang kolaborasi

 

·       Kegiatan Guru : memfasilitasi pengamatan siswa

·       Kegiatan siswa : siswa mengerjakan LK dari guru

4

Refleksi Terbimbing

·       Kegiatan Guru : membuat pertanyaan diskusi untuk siswa

·       Kegiatan Siswa : siswa mengerjakan pertanyaan diskusi

 

5

Demontrasi kontektual

·       Kegiatan Guru : Guru memfasilitasi presentasi siswa

·       Kegiatan siswa : Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya

 

6

Elaborasi Pemahaman

Menyamakan persepsi anatara Guru dan Siswa terkait perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

 

7

Koneksi Antar Materi

·       Kegiatan guru : guru merefleksi pembelajaran tentang mikroskop

·       Kegiatan siswa :Siswa mendengarkan penjelasan guru

 

8

Aksi Nyata

 

Siswa menghitung perbesaran total pada mikroskop


       3 JAM

NO

ALUR  MERDEKA BELAJAR

KEGIATAN SINKRONUS

KEGIATAN ASINKRONUS

1.

Mulai dari diri sendiri

 

Siswa mempelajari berbagai macam spesialisasi sel.

2.

Elborasi Konsep

 

·       Kegiatan Guru : Menyiapakan materi pembelajaran dalam bentukLembar Kerja siswa

·       Kegiatan siswa : Siswa mempelajari LK yang dibagikan guru

3

Ruang kolaborasi

 

·       Kegiatan Guru : membantu diskusi siswa

·       Kegiatan siswa : Dengan menggunakan LK Siswa berdiskusi secara kelompok menemukan suatu konsep tentang struktur spesialisasi sel.

4

Refleksi Terbimbing

·       Kegiatan Guru : membuat pertanyaan diskusi untuk siswa

·       Kegiatan Siswa : siswa mengerjakan pertanyaan diskusi

 

5

Demontrasi kontektual

·       Kegiatan Guru : Guru memfasilitasi presentasi siswa

·       Kegiatan siswa : Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya

 

6

Elaborasi Pemahaman

Menyamakan persepsi anatara Guru dan Siswa terkait sel

 

7

Koneksi Antar Materi

·       Kegiatan guru : Mengklarifikasi dengan soal-soal post test untuk mengetahui apakah kompetensi sudah tercapai

·       Kegiatan siswa :Siswa menjawab post test dan membuat kesimpulan

 

8

Aksi Nyata

 

Siswa mampu mempreentasikan berbagai spesialisasi sel

   

       

MasAnto
Blogger Part-time pengisi waktu luang dan untuk menyimpan pikiran.

Related Posts

Posting Komentar