Modul ajar sel kurikulum merdeka kelas VIII. Modul ajar pada kurikulum merdeka sama halnya dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kurikulum sebelumnya. Dalam membuat modul ajar, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan diantaranya esensial, menarik dan bermakna, menantang, relevan, kontekstual, serta berkesinambungan.
Berikut ini adalah contoh modul ajar sel kurikulum merdeka kelas VIII SMP.
A. Capaian Kompetensi
Peserta didik dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup, mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan reproduksi).
B. ATP
Menganalisis gerak pada makhluk hidup, system gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan system gerak
C. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Mendeskripsikan pemahaman terkait sel sebagai unit struktural dan fungsional
terkecil dari makhluk hidup.
2. Mendeskripsikan bagian-bagian mikroskop
dengan benar serta mampu mengukur perbesaran yang dihasilkan dari pengamatan
menggunakan mikroskop melalui pengamatan
sederhana sebuah preparat dari benda disekitar lingkungan siswa.
3. Menganalisis perbedaan yang terdapat dari
sel hewan dan tumbuhan melalui kegiatan literasi siswa
4. Mendeskripsikan tentang spesialisasi sel yang mengalami spesialisasi untuk dapat menjalankan fungsi hidup organisme di lingkungan sekitar siswa.
D. MATERI AJAR : Sel
1.
Buku
paket siswa ( Ilmu Pengetahuan Alam, Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas
VIII 2021 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021)
2.
Buku
guru ( Ilmu Pengetahuan Alam, Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII 2021 Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi Jakarta : Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2021)
3.
Lingkungan
belajar siswa
4.
Diktat
siswa
5. Sumber belajar yang relevan dengan mapel lain
1. SINKRONUS : Tatap muka dengan guru 12 Jam
2. ASINKRONUS : Belajar Mandiri dirumah 3 Jam
G. G. ALUR PEMBELAJARAN
3 JAM
NO |
ALUR
MERDEKA BELAJAR |
KEGIATAN SINKRONUS |
KEGIATAN ASINKRONUS |
1. |
Mulai
dari diri sendiri |
· Kegiatan guru : Guru
menanyangkan Powerpoint dengan animasi gambar gabus yang bersusun. Guru
bertanya : Apa yang kalian lihat digambar tersebut??
· Kegaitan siswa : siswa
menjawab pertanyaan refleksi guru |
|
2. |
Elborasi
Konsep |
|
· Kegiatan Guru : Menyiapakan
materi pembelajaran dalam bentukLembar Kerja siswa · Kegiatan siswa : Siswa
mempelajari LK yang dibagikan guru |
3 |
Ruang
kolaborasi |
|
· Kegiatan Guru : membantu
diskusi siswa · Kegiatan siswa : Dengan
menggunakan LK Siswa berdiskusi secara kelompok menemukan suatu konsep
tentang struktur sel. |
4 |
Refleksi
Terbimbing |
· Kegiatan Guru : membuat
pertanyaan diskusi untuk siswa · Kegiatan Siswa : siswa
mengerjakan pertanyaan diskusi |
|
5 |
Demontrasi
kontektual |
· Kegiatan Guru : Guru memfasilitasi
presentasi siswa · Kegiatan siswa : Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya |
|
6 |
Elaborasi
Pemahaman |
Menyamakan
persepsi anatara Guru dan Siswa terkait sel |
|
7 |
Koneksi
Antar Materi |
· Kegiatan guru :
Mengklarifikasi dengan soal-soal post test untuk mengetahui apakah kompetensi
sudah tercapai · Kegiatan siswa :Siswa menjawab
post test dan membuat kesimpulan |
|
8 |
Aksi
Nyata |
|
Siswa
menggambar struktur sel hewan dan sel tumbuhan |
3 JAM
NO |
ALUR
MERDEKA BELAJAR |
KEGIATAN SINKRONUS |
KEGIATAN ASINKRONUS |
1. |
Mulai
dari diri sendiri |
|
Siswa
belajar mengenai bagian-bagian mikroskop |
2. |
Elaborasi
Konsep |
|
· Kegiatan Guru : guru
mempersiapkan mkroskop dan lembar kerja pengamatan · Kegiatan siswa : Siswa
mempelajari cara menggunakan mikroskop |
3 |
Ruang
kolaborasi |
|
· Kegiatan Guru :
memfasilitasi pengamatan siswa · Kegiatan siswa : siswa
mengamati prpara yang disipakan guru menggunakan mikroskop. |
4 |
Refleksi
Terbimbing |
· Kegiatan Guru :
membuat membimbing pengamaatan siswa · Kegiatan Siswa : siswa
menggambar pengamatan yang tampak |
|
5 |
Demontrasi
kontektual |
· Kegiatan Guru : Guru
memfasilitasi presentasi siswa · Kegiatan siswa : Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya |
|
6 |
Elaborasi
Pemahaman |
Menyamakan
persepsi anatara Guru dan Siswa terkait penggunaan mikroskop |
|
7 |
Koneksi
Antar Materi |
· Kegiatan guru : guru
merefleksi pembelajaran tentang mikroskop · Kegiatan siswa :Siswa mendengarkan
penjelasan guru |
|
8 |
Aksi
Nyata |
|
Siswa
menghitung perbesaran total pada mikroskop |
3 JAM
NO |
ALUR
MERDEKA BELAJAR |
KEGIATAN SINKRONUS |
KEGIATAN ASINKRONUS |
1. |
Mulai
dari diri sendiri |
|
Siswa
menggambar sel hewan dan sel tumbuhan |
2. |
Elaborasi
Konsep |
|
· Kegiatan Guru : guru
mempersiapkan lembar kerja · Kegiatan siswa : Siswa
mempelajari cara menggunakan mikroskop |
3 |
Ruang
kolaborasi |
|
· Kegiatan Guru :
memfasilitasi pengamatan siswa · Kegiatan siswa : siswa
mengerjakan LK dari guru |
4 |
Refleksi
Terbimbing |
· Kegiatan Guru :
membuat pertanyaan diskusi untuk siswa · Kegiatan Siswa : siswa
mengerjakan pertanyaan diskusi |
|
5 |
Demontrasi
kontektual |
· Kegiatan Guru : Guru
memfasilitasi presentasi siswa · Kegiatan siswa : Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya |
|
6 |
Elaborasi
Pemahaman |
Menyamakan
persepsi anatara Guru dan Siswa terkait perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan |
|
7 |
Koneksi
Antar Materi |
· Kegiatan guru : guru
merefleksi pembelajaran tentang mikroskop · Kegiatan siswa :Siswa mendengarkan
penjelasan guru |
|
8 |
Aksi
Nyata |
|
Siswa
menghitung perbesaran total pada mikroskop |
3 JAM
NO |
ALUR
MERDEKA BELAJAR |
KEGIATAN SINKRONUS |
KEGIATAN ASINKRONUS |
1. |
Mulai
dari diri sendiri |
|
Siswa
mempelajari berbagai macam spesialisasi sel. |
2. |
Elborasi
Konsep |
|
· Kegiatan Guru :
Menyiapakan materi pembelajaran dalam bentukLembar Kerja siswa · Kegiatan siswa : Siswa
mempelajari LK yang dibagikan guru |
3 |
Ruang
kolaborasi |
|
· Kegiatan Guru :
membantu diskusi siswa · Kegiatan siswa : Dengan
menggunakan LK Siswa berdiskusi secara kelompok menemukan suatu konsep
tentang struktur spesialisasi sel. |
4 |
Refleksi
Terbimbing |
· Kegiatan Guru :
membuat pertanyaan diskusi untuk siswa · Kegiatan Siswa : siswa
mengerjakan pertanyaan diskusi |
|
5 |
Demontrasi
kontektual |
· Kegiatan Guru : Guru
memfasilitasi presentasi siswa · Kegiatan siswa : Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya |
|
6 |
Elaborasi
Pemahaman |
Menyamakan
persepsi anatara Guru dan Siswa terkait sel |
|
7 |
Koneksi
Antar Materi |
· Kegiatan guru :
Mengklarifikasi dengan soal-soal post test untuk mengetahui apakah kompetensi
sudah tercapai · Kegiatan siswa :Siswa menjawab
post test dan membuat kesimpulan |
|
8 |
Aksi
Nyata |
|
Siswa
mampu mempreentasikan berbagai spesialisasi sel |
Posting Komentar
Posting Komentar